Notification

×

Iklan

Iklan

Ompek Jinih Bulatkan Tekad Dukung Almaisyar, Sejak 1970 Belum Ada Anak Nagari Koto Nan IV Jadi Walikota Payakumbuh

11 Mei 2024 | 19:28 WIB Last Updated 2024-05-11T12:30:49Z


Payakumbuh, pasbana- Niniak mamak, bundo kanduang dan tokoh masyarakat dari berbagai kelurahan di kota Payakumbuh seayun selangkah antarkan bakal calon walikota Payakumbuh periode 2024-2029, Almaisyar untuk silaturahmi dengan ompek jinih dalam nagari Koto Nan IV, Sabtu (11/5) di balai adat nagari Koto Nan IV kelurahan Balai Nan Duo kecamatan Payakumbuh Barat. 

Kedatangan Almaisyar yang sudah mendaftar kesejumlah partai politik (parpol) sebagai bentuk keseriusan maju dalam pemilihan kepala daerah serentak digelar 27 November 2024 nanti, disambut ketua KAN dan jajaran pengurus KAN Koto Nan Ampek. 

Ketua KAN Koto Nan Ampek, Yamir Edi Dt. Pangulu Rajo Nan Hitam dalam sambutannya mengatakan, menyonsong pilkada 2024 nanti, sudah waktunya kita bersama-sama mengajak anak dan kemenakan semua untuk membulatkan tekad mendukung penuh H. Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang pada pemilihan kepala daerah kota Payakumbuh nantinya.

"Dalam pilkada pemilihan walikota -wakil walikota Payakumbuh tahun 2024 sudah waktunya kita bersama-sama mengajak anak dan kemenakan semua untuk membulatkan tekad mendukung penuh Almaysar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang,"katanya.

Dukungan yang sama juga diungkapkan Ismet, ia sangat berharap dan serius untuk nantinya memenangkan anak Nagari Koto IV (Almaisyar) dalam Pilkada nanti.

"Kita sangat berharap dan serius untuk memenangkan anak nagari Koto Nan IV (Almaisyar) dalam PILKADA serentak nasional tahun 2024 sebagai walikota Payakumbuh,"sebut Ismet.

"Sejak tahun 1970 kota Payakumbuh resmi menjadi Kota, dan dipimpin dari berbagai asal anak Nagari, ironisnya belum pernah ada anak Nagari Koto Nan Ampek terpilih sebagai Walikota Payakumbuh. Sekarang sudah saatnya tahun 2024 ini, walikota Payakumbuh berasal dari anak nagori Koto Nan Ampek," tambah Dt. Sinaro disambut semangat oleh niniak mamak dan bundo kanduang lainnya.

Dalam diskusi saat silaturahmi digelar, sejumlah dukungan juga datang dari Bundo Kanduang.

"Kami berharap nantinya H. Almaisyar bisa terpilih sebagai walikota Payakumbuh. Untuk Bundo Kanduang kami harapkan juga bisa turun untuk memenangkan anak nagari kita ini,"ucap Bundo Rili asal Balai Nan Duo itu.

Dalam kesempatan itu, Almaysar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang, mengucapkan terima kasih kepada ketua KAN dan pengurus serta bundo kanduang lainnya, atas sambutan dan kesempatan yang sangat luar biasa ini, dan dengan mengucapkan,"Bismillahirrahmanirrahim, saya menyatakan akan ikut berkonstestasi pada Pilkada nanti, untuk itu diri nya meminta doa dan dukungan kepada dunsanak yang ada di Koto Nan Ampek ini.

“Melihat pemilih di nagari Koto Nan Ampek yang begitu besar jumlahnya, sangat rugi kita kalau BA 1 M tak dapat direbut oleh anak nagari Koto Nan Ampek pada pilkada 27 November mendatang,"ujar Almaysar.

Pilkada tahun 2024 ini merupakan pilkada kedua yang diikuti Dt. Bangso Dirajo Nan Kuniang, sebelumnya Almaisyar juga maju dalam pilkada kota Payakumbuh tahun 2017 berpasangan dengan Dedrizal, saat itu pilkada Payakumbuh dimenangkan Riza Falepi yang berpasangan dengan Suwandel Mukhtar, sementara Almaisyar-Dedrizal meraih suara kedua terbanyak.

Dalam silaturahmi itu tampak hadir juga ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa, Faisal Buqhori, mantan Sekda kabupaten Limapuluh Kota, Ben Yuza dan Ahmad Zifal anggota DPRD kota Payakumbuh dari partai PPP. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update