Notification

×

Iklan

Iklan

4.965 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Agam pada Idul Adha 1445 Hijriah

18 Juni 2024 | 10:16 WIB Last Updated 2024-06-18T03:16:44Z


Agam, pasbana - Bupati Agam, Sumatera Barat, Andri Warman, mengumumkan bahwa jumlah hewan kurban yang disembelih di daerah tersebut pada Idul Adha 1445 Hijriah mencapai 4.965 ekor, berkurang 647 ekor dibandingkan dengan tahun lalu. Pengumuman ini disampaikan di Lubuk Basung pada hari Senin.

"Pemotongan hewan kurban ini tersebar di seluruh kecamatan, nagari, atau desa dan jorong di Agam," kata Andri Warman.

Dari total 4.965 hewan kurban yang dipotong, terdiri dari 4.801 ekor sapi, delapan ekor kerbau, dan 156 ekor kambing. Jumlah ini berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim kesehatan hewan menjelang Idul Adha. "Seluruh hewan kurban yang dipotong telah diperiksa kesehatannya oleh tim," tambahnya.

Andri Warman juga mengakui bahwa jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu, di mana pada tahun lalu jumlah hewan kurban mencapai 5.602 ekor dengan rincian 5.486 ekor sapi dan 116 ekor kambing.

"Jumlah hewan kurban berkurang dibandingkan tahun lalu," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa esensi dari Idul Adha dan ibadah kurban merupakan momentum untuk memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, serta hubungan dengan sesama manusia. "Ibadah kurban sejatinya merupakan refleksi taqwa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta pada saat yang sama juga memberikan manfaat sosial," jelasnya.

Menurut Andri Warman, inti dari ibadah kurban adalah taqwa dan ikhlas. Dari sisi sosial, ibadah kurban bermanfaat untuk memperkecil kesenjangan sosial dengan memperluas silaturahmi, berbagi daging kurban, dan memberikan empati kepada kaum dhuafa.

"Khusus untuk tahun ini, beberapa wilayah di Agam mengalami bencana alam yang meninggalkan luka dan duka mendalam bagi saudara-saudara yang mengalaminya," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Andri Warman mengajak seluruh masyarakat untuk turut berempati dengan membagikan sebagian kurban mereka kepada mereka yang terdampak bencana. "Bersama-sama kita akan membawa senyum kembali di wajah saudara-saudara kita yang terdampak bencana," ajaknya.

Dengan semangat gotong royong dan empati, Idul Adha tahun ini diharapkan dapat memberikan kebahagiaan dan mengurangi beban mereka yang tengah berduka akibat bencana alam.(rel/antara) 
×
Kaba Nan Baru Update