Notification

×

Iklan

Iklan

Berkurban Satu Ekor Sapi, Bundo Kanduang Yernita Makan Basamo dengan Seluruh Lapisan Masyarakat

19 Juni 2024 | 21:22 WIB Last Updated 2024-06-19T14:24:13Z



Payakumbuh, pasbana - Dalam momen Idul Adha 1445 H/2024 M, bakal calon walikota Payakumbuh Hj. Yernita, SH mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk terus memperat silaturrahmi lewat makan basamo di balai adat nagari Koto Panjang kecamatan Payakumbuh Lamposi Tigo Nagori (Latina), Rabu (19/6).

Menariknya, anak dari pasukuan Tanjuang nagari Koto Panjang yang selama ini banyak berkiprah di dapil 1 Payakumbuh Barat itu, kali ini berkurban satu ekor sapi di kampung halamannya nagari Koto Panjang, kecamatan Latina.

“Dalam momen makan basamo ini, semoga seluruh lapisan masyarakat saling mengenali antar sesama. Dan lebih dari itu memperkuat keakraban anak nagori Latina. Insyallah jika niat untuk membangun Payakumbuh dikabulkan Allah, prioritas yang kita utamakan nantinya melanjutkan kembali pembangunan balai adat nagori Koto Panjang, pembangunan mesjid Al-Ihsan, mesjid Al-Mutaqim dan lainnya khusus di Latina,” singkatnya.

Tak heran, memang selama ini adik kandung dari Irwandi. Dt. Munsahid, Yernita dirinya sudah banyak menjalankan kegiatan sosial maupun saat duduk di DPRD kota Payakumbuh.  

Dengan perasaan haru, Yernita mengucapkan syukur alhamdulillah, dirinya sekeluarga bisa melaksanakan kurban satu ekor sapi dalam momen idul adha 1445 H di nagori Koto Panjang. Mudah-mudahan silaturrahmi ini menjadi berkah oleh Allah SWT.




“Kami mohon doa restu kepada dunsanak yang berkesempatan hadir makan basamo pada siang ini, terkait niat kami untuk maju sebagai calon walikota Payakumbuh, serta mabrur hendaknya untuk masa yang akan datang. Dan berharap kepada niniak mamak, jangan biarkan kami duduk dan berjuang sendiri. Kita juga ikhlas mengabadikan diri untuk kota Payakumbuh kedepannya,” tambah Yernita. 

Sementara itu tokoh masyarakat Koto Panjang, Dt. Gindo Malano Nan Putiah, mengungkapkan, insyallah kami bersama tokoh masyarakat di Latina siap mengantarkan bundo kanduang Yernita sampai ke tahapan pilkada berikutnya. 

“Karena kami di Latina juga berkeinginan agar keseriusan anak kemanakan kami ini dikabulkan oleh Allah SWT untuk ikut bertarung pada pemilihan walikota Payakumbuh nantinya,” ulasnya.

Hal senada juga diutarakan tokoh masyarakat Latina, Yofi Kurniadi, Dt. Patiah Baringek mengungkapan walaupun Yernita tinggal di Koto nan Ampek. Tapi niatnya untuk membangun kampung halaman kita yakini serius. Maka dari itu 'lai ado nan diawak manga urang lain'. Insyallah Yernita akan menjadi calon walikota/wakil walikota Payakumbuh dan kita dukung bersama-sama.




“Semoga apa yang beliau niatkan menjadi amal, ibadah dan pahala oleh Allah SWT.  Mudah-mudahan ikhtiar beliau, dipilih oleh parpol untuk maju sebagai calon walikota/wakil walikota Payakumbuh. Mudah-mudahan pertemuan selanjutnya Yernita tidak balon lagi melainkan sudah menjadi calon walikota Payakumbuh. Dan selanjutnya baru kita pikirkan rencana untuk menyongsong pilkada Payakumbuh tahun 2024,” sambungnya.

Ditambahkan Ongku Luma, jauh sebelumnya, belum ada calon walikota Payakumbuh dari Koto Panjang. Kali ini bersyukur kita adanya bundo kanduang Koto Panjang yang berniat maju sebagai calon walikota Payakumbuh periode 2024. 

“Mudah-mudahan harapan kita bersama dikabulkan oleh Allah SWT,” harapnya didepan puluhan niniak mamak Koto Panjang. 

Ditambahkan salah seorang pemuda nagari Koto Panjang, sekaligus pemuda pelopor asal kecamatan Latina, Fadhilul Qosasi menyampaikan apresiasi Yernita, yang pasti kami akan support beliau dalam pencalonan walikota Payakumbuh. 

“Beliau ini merupakan generasi energik anak nagori Latina. Kami anak nagori menginginkan pemimpin yang energik, muda dan cerdas seperti bundo kanduang Yernita. Tentu kita (anak nagori) siap mensupport penuh niat Yernita membangun kota Payakumbuh, khususnya nagari Latina,” simpulnya.

Dalam kesempatan itu, berbagai usulan, saran dan masukan banyak disampaikan niniak mamak kepada bundo kanduang Yernita untuk mensukseskan pilkada Payakumbuh periode 2024-2029 mendatang. Hadir, ketua KAN Koto Panjang beserta niniak mamak Koto Panjang lainnya dan alim ulama, cadiak pandai juga bundo kanduang, parik paga nagori Koto Panjang. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update