Notification

×

Iklan

Iklan

Harimau Sumatera Masuk Halaman Masjid di Solok, Diduga Habitat Terganggu Aktivitas Manusia

02 Juni 2024 | 20:36 WIB Last Updated 2024-06-02T13:37:21Z
 


Solok, pasbana- Seekor harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) mengejutkan warga di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dengan kemunculannya di halaman Masjid H. Alius Lubuk Selasih pada Kamis malam (30/5/2024).

Peristiwa ini terekam CCTV dan videonya viral di media sosial.
Menurut Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Barat, kemunculan harimau tersebut diduga karena habitatnya terganggu oleh aktivitas manusia.

"Diduga kuat harimau keluar dari habitatnya karena mencari makan atau wilayahnya terganggu oleh aktivitas manusia," ujar Kepala BBKSDA Sumatera Barat, Fajarudin, kepada wartawan, Jumat (1/6/2024).

Fajarudin menjelaskan, habitat harimau Sumatera di kawasan tersebut memang berbatasan dengan pemukiman warga. Kemungkinan, harimau tersebut tersesat atau kehilangan mangsanya sehingga masuk ke pemukiman.

"Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti harimau tersebut keluar dari habitatnya," kata Fajarudin.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Warga yang melihat kemunculan harimau langsung berhamburan ke tempat aman. Petugas dari BBKSDA dan kepolisian juga datang ke lokasi untuk mengamankan situasi.

Peristiwa ini menjadi pengingat bagi manusia untuk menjaga kelestarian alam dan habitat hewan liar. Kita harus hidup berdampingan dengan alam secara harmonis, tanpa mengganggu habitat hewan liar.(rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update