Notification

×

Iklan

Iklan

KPU Launching Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024

17 Juni 2024 | 22:02 WIB Last Updated 2024-06-17T15:02:04Z


Kota Pariaman, pasbana - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman secara resmi melaunching tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang  dibuka dan diresmikan langsung oleh  Komisioner KPU Provinsi Sumbar Ory Sativa Syakban Sabtu malam (15/6/2024) di Rumah Tabuik Pasa Kelurahan Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.

Pada pilkada serentak tahun ini akan diikuti oleh 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota yang akan digelar nantinya pada tanggal 27 November 2024.

Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Pj Wali Kota Pariaman Roberia. Dalam kesempatan itu Roberia sampaikan rasa sukacitanya melihat partisipasi masyarakat yang hadir meramaikan peluncuran pemilihan pilkada serentak tahun 2024.

"Pesta demokrasi ini bukan hanya milik KPU atau Pemerintah Kota Pariaman saja, tapi juga milik masyarakat kota pariaman. Untuk itu kita wajib menyukseskan pilkada serentak ini dengan cara memilih pemimpin daerah yang amanah pada saat pemilihan nanti", ulasnya.

Roberia berharap nantinya pemilihan dapat berjalan dengan aman, lancar, damai, ramai, dan tidak ada setetes darahpun yang jatuh di bumi pariaman hanya untuk memilih seorang pemimpin.

"Pilihan boleh berbeda, tapi kita harus tetap menjunjung tinggi kedamaian, ketenangan, kenyamanan dan keamanan. Tetap jaga pemilu badunsanak seperti yang telah kita lakukan selama ini", ungkap Robe.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Sumbar Ory Sativa  yang mewakili Ketua KPU menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat sangat diharapkan demi suksesnya roda pemerintahan untuk lima tahun ke depan.

"Untuk Pilkada serentak ini KPU mengambil tagline "Pilkada bermartabat berarti untuk negeri" yang artinya KPU Sumbar, KPU Kab/Kota, termasuk PPK, PPS, dan penyelenggara pemilu lainnya berkomitmen untuk menjaga keluhuran tugas kami sebagai penyelenggara pemilu untuk pilkada 2024 dengan harapan hasil pilkada 2024 berguna masyarakat Sumbar, Kota/Kabupaten Pariaman untuk pembangunan yang lebih baik ke depannya" terangnya.

Kemudian Ory juga menyatakan bahwa akan ada Pemilihan Suara Ulang (PSU) untuk pemilihan DPD RI yabg akan dilaksanakan ulang pada tanggal 13 Juli 2024 sesuai dengan arahan dan putusan dari mahkamah konstitusi.

Apa yang disampaikan oleh Ory Sativa dibenarkan oleh Ketua KPU Kota Pariaman Ali Unan.

"Untuk pilkada serentak tahun 2024 ini kita sudah melakukan beberapa tahapan diantaranya adalah pemilihan PPK  dan PPS, untuk empat kecamatan yang ada di kota pariaman guna menyelenggarakan pilkada serentak dan juga melakukan PSU DPD RI pada tanggal 13 Juli 2024", tegasnya.

Dalam acara tersebut selain peluncuran pilkada serentak 2024 juga diperkenalkan maskot sitambua sebagai icon pilkada serentak 2024 kota pariaman, dan juga penampilan randai kreasi oleh lima orang komisioner kpu kota pariaman yang dilanjutkan oleh grup seni batajau, serta hiburan yang dimeriahkan oleh penyanyi minang yang lagi viral Fauzana. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update