Notification

×

Iklan

Iklan

RSUD Gelar Sosialisasi UOBK dan Pendampingan SIPD e-BLUD

28 Juni 2024 | 20:05 WIB Last Updated 2024-06-28T13:11:09Z


Padang Panjang, pasbana – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padang Panjang menyelenggarakan Sosialisasi Penerapan Unit Organisasi Bersifat Khusus (UOBK) dan Pendampingan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) RI e-BLUD. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman manajemen RSUD tentang UOBK dan SIPD RI (e-BLUD) guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan, serta kualitas pelayanan publik.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Padang Panjang, Dr. Winarno, M.E., menyambut baik kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai II Poliklinik RSUD ini. 

Sosialisasi ini diikuti oleh manajemen RSUD, Puskesmas, dan OPD terkait dengan pengelolaan BLUD.

Winarno mengungkapkan bahwa sosialisasi ini merupakan kesempatan baik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang UOBK dan SIPD RI (e-BLUD). 

Hasil evaluasi 10 tahun penerapan BLUD di RSUD Kota Padang Panjang menunjukkan perlunya penyempurnaan, terutama dalam manajemen SDM dan kemandirian pengelolaan keuangan.

"Paling penting adalah kesepahaman tentang UOBK ini agar dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat," harapnya.

Direktur RSUD, dr. Lismawati R, Sp.PA, M.Biomed, menyampaikan bahwa kegiatan ini telah berlangsung selama dua hari.

"Kemarin kita sudah mengikuti pendampingan SIPD e-BLUD. Besok penerapannya sudah mulai kita jalankan. Sosialisasi ini menghadirkan Kasubdit BLUD Kemendagri, R. Wisnu Saputro, S.E, M.A.P sebagai narasumber. Penerapan BLUD di RSUD ini sudah berjalan sejak 2013 lalu," ungkapnya.

Lismawati berharap kegiatan ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan, serta kualitas pelayanan publik RSUD Kota Padang Panjang.

Manfaat Penerapan UOBK dan SIPD RI (e-BLUD)


Penerapan UOBK dan SIPD RI (e-BLUD) diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan RSUD
  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik RSUD
  • Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan RSUD
  • Meningkatkan kemandirian RSUD dalam mengelola keuangannya. 

Sosialisasi UOBK dan Pendampingan SIPD RI (e-BLUD) merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik RSUD Kota Padang Panjang. 

Dengan penerapan UOBK dan SIPD RI (e-BLUD) yang efektif, diharapkan RSUD dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.(rel/bd) 

×
Kaba Nan Baru Update