Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Sehat Konsumsi Daging Kurban

18 Juni 2024 | 12:19 WIB Last Updated 2024-06-18T05:19:38Z



Padang Panjang, pasbana -- Hari Raya Iduladha identik dengan masakan serba daging. Sebut saja rendang, bakso, soto, sate dan gulai lainnya. Kebanyakan setiap daerah saat Iduladha membuat masakan ini termasuk di Kota Padang Panjang.

Untuk keamanan dan kesehatan mengonsumsi daging ini, Dokter Umum Klinik Pratama Assyifa dan Klinik Sikes Secata B Rindam I/BB, dr. Syukria Fitri menyampaikan berbagai tips sehat konsumsi daging kurban saat Iduladha.

"Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menjaga kondisi tubuh saat banyaknya hidangan lezat berbahan daging. Di antaranya, perhatikan dulu kondisi tubuh kita, bagaimana kesehatan kita, apakah kita punya penyakit berisiko atau tidak," katanya.

Selanjutnya, masak daging hingga matang sempurna agar terbebas dari bakteri penyebab penyakit. Hindari pengolahan secara berlebihan. Akan lebih baik diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang agar nutrisi di dalam daging tidak berkurang atau hilang.

"Jangan lupa kita batasi juga porsi mengonsumsi daging atau jangan memakan daging secara berlebihan," jelasnya.

Selain itu iringi juga dengan banyak minum air putih dan memakan serat seperti sayuran dan buah-buahan agar BAB tetap lancar. Bagi penderita kolesterol tinggi, selain batasi konsumsi daging, juga pilihlah bagian daging yang kandungan lemaknya rendah seperti sirloin dan tenderloin.

"Semua tips ini perlu kita perhatikan dan jaga saat mengonsumsi daging saat Iduladha ini," tuturnya. (Rel/cg)
×
Kaba Nan Baru Update