Notification

×

Iklan

Iklan

Donor Darah: Tak Hanya Menyelamatkan Nyawa, Bermanfaat Menjaga Kesehatan Diri Pendonor

03 Juli 2024 | 15:53 WIB Last Updated 2024-07-03T12:21:08Z


Pasbana - Di balik aksi mulia donor darah, tersimpan segudang manfaat tak terduga bagi kesehatan pendonornya. Tak hanya menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah secara rutin dapat memberikan dampak positif bagi tubuh dan mental Anda.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Sebuah penelitian di American Journal of Epidemiology menemukan bahwa donor darah secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 33%. 

Hal ini dikarenakan donor darah membantu menjaga keseimbangan kadar zat besi dalam tubuh, yang bila berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Proses donor darah memicu regenerasi sel darah merah, yang sekaligus meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini merupakan garda terdepan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

Mendeteksi Dini Penyakit
Sebelum donor darah, pendonor akan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh, termasuk tes darah. Pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi dini penyakit-penyakit tersembunyi, seperti hepatitis B, C, HIV/AIDS, dan sifilis.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Baru
Tubuh manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk meregenerasi sel darah merah setelah donor darah. Proses ini menstimulasi sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah baru yang lebih sehat dan segar.

Menurunkan Risiko Kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa donor darah secara rutin dapat menurunkan risiko kanker hati, paru-paru, dan kolorektal. Hal ini diduga karena donor darah membantu membuang zat besi berlebih dalam tubuh, yang dapat memicu kerusakan sel dan kanker.

Meningkatkan Kesehatan Mental
Donor darah tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tapi juga meningkatkan kesehatan mental. Tindakan mulia ini memberikan rasa puas dan bahagia, sekaligus meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

Menurut Dr. Irma Maulina, Sp.A, seorang dokter spesialis anak dan hematologi onkologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, "Donor darah aman dan bermanfaat bagi pendonor yang sehat. Manfaatnya tak hanya bagi kesehatan fisik, tapi juga mental dan emosional."

Tips Sehat Sebelum Donor Darah
  • Pastikan Anda dalam kondisi sehat dan bugar.
  • Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi sebelum donor darah.
  • Minumlah air putih yang banyak.
  • Hindari merokok dan konsumsi alkohol minimal 12 jam sebelum donor darah.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan mudah dilepas.

Mari Donor Darah!

Donor darah adalah tindakan mulia yang tak hanya membantu menyelamatkan nyawa orang lain, tapi juga menjaga kesehatan diri Anda.

Tunggu apa lagi? Ayo donor darah dan rasakan manfaatnya!
(budi)

×
Kaba Nan Baru Update