Notification

×

Iklan

Iklan

Luhak Nan Duo Gelar Tolak Bala dan Bersih Desa, Lestarikan Tradisi untuk Generasi Muda

27 Juli 2024 | 22:33 WIB Last Updated 2024-07-28T11:11:45Z


Pasaman Barat, pasbana -Acara Tolak Bala atau Doa Bersama yang merupakan rutinitas tahunan masyarakat Jorong Padang Lawas, Nagari Kapa, pada Sabtu (27/7) malam dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Barat, Risnawanto. Di malam yang sama, Wabup juga menghadiri acara Resepsi Bersih Desa yang digelar masyarakat Jorong Tanjung Sari, Nagari Mahakarya, Kecamatan Luhak Nan Duo, di Balai Desa Tanjung Sari.

Wakil Bupati Risnawanto dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan yang digelar oleh masyarakat perlu dilestarikan karena tradisi tersebut penting untuk diwariskan kepada generasi muda.

"Tolak Bala atau Doa Bersama yang digelar oleh masyarakat Padang Lawas, Nagari Kapa ini dilakukan agar daerah kita dijauhkan dari marabahaya dan kita selalu dilimpahkan rezeki dan rahmat dari Allah," kata Risnawanto.

Ia menambahkan bahwa tradisi tersebut harus dilestarikan karena tidak semua jorong yang mengadakan. Seperti di Nagari Kapa, hanya ada di Jorong Padang Lawas dan Jorong Malaisiro.

"Selain itu, Tolak Bala atau Doa Bersama yang kita gelar ini bertujuan agar batin kita bersih sehingga mendatangkan rahmat Allah kepada kita semua," katanya.



Sementara itu, di hadapan masyarakat Tanjung Sari, Nagari Mahakarya yang menggelar acara Resepsi Bersih Desa, Wakil Bupati Risnawanto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk mempererat tali silaturahmi serta menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Acara ini sangat penting untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga dan menciptakan lingkungan yang aman dan tertib. Kegiatan seperti ini harus terus kita lestarikan," ujar Risnawanto.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar secara nasional dan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Pasaman Barat.

"Menjelang Pilkada, kita harus semakin memperkuat persatuan dan kesatuan. Pesta demokrasi ini harus kita jalani dengan damai dan penuh rasa kebersamaan. Untuk itu, saya berharap kepada masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan," tambahnya.

Wali Nagari Kapa, Nofrizon, mengatakan bahwa kegiatan Doa Bersama yang digelar oleh masyarakat Jorong Padang Lawas merupakan kegiatan tahunan yang turun-temurun dilakukan oleh masyarakat. Sehingga pemerintah nagari secara khusus mendukung kegiatan tersebut.

"Apalagi kegiatan ini memiliki tujuan yang mulia, yakni meminta perlindungan dari Allah agar terhindar dari segala marabahaya, dilimpahkan rezeki, dan hidup rukun antar sesama masyarakat. Tentunya tujuan mulia ini perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah dan pemerintah nagari," katanya.(rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update