Notification

×

Iklan

Iklan

Menikah di Padang akan Diganjar "Elsimil", Bukan Pelakor Melainkan Sahabat Pengantin

08 Juli 2024 | 09:12 WIB Last Updated 2024-07-08T02:12:02Z


Padang, pasbana - Pasangan pengantin baru Jon Pierre dan Amelia tidak menduga akan mendapatkan kejutan spesial di resepsi pernikahan mereka. Kejutan itu datang dalam bentuk "Elsimil", sebuah program yang bertujuan untuk membantu calon pengantin dalam mempersiapkan diri sebelum menikah dan hamil.

Alih-alih cemburu, Jon Pierre dan Amelia justru menyambut "Elsimil" dengan penuh sukacita. Mereka memahami bahwa "Elsimil" bukanlah "pelakor" atau perusak rumah tangga, melainkan sahabat yang hadir untuk membantu mereka memulai kehidupan pernikahan yang sehat dan bahagia.

Pj Wali Kota Padang, Andree Harmadi Algamar, yang hadir langsung dalam resepsi pernikahan Jon Pierre dan Amelia, menyerahkan sertifikat "Elsimil" kepada pasangan tersebut. "Elsimil" merupakan singkatan dari Elektronik Siap Nikah dan Hamil, dan program ini mewajibkan setiap pasangan yang akan menikah untuk memilikinya.

"Hari ini kami mengantarkan sertifikat 'Elsimil' sebagai hadiah pernikahan bagi Jon Pierre dan Amelia," jelas Andree, didampingi Pj Ketua TP-PKK Ny Vanny Andree Algamar. "Program ini bertujuan untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin tentang kesiapan menikah dan hamil."

Lebih lanjut, Andree menjelaskan bahwa "Elsimil" menyediakan skrining awal dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, perbaikan gizi bagi pengantin perempuan, serta edukasi perilaku hidup sehat. "Sasaran utama dari program ini adalah para remaja yang mau berumah tangga," terangnya.

Andree juga menekankan bahwa "Elsimil" berperan penting dalam mencegah stunting, khususnya di Kota Padang. "Adanya aplikasi ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada calon pengantin agar bersama-sama mencegah peningkatan angka stunting di Indonesia," harapnya.

Penyerahan sertifikat "Elsimil" di resepsi pernikahan Jon Pierre dan Amelia merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Wali Kota dan program percepatan penurunan Stunting di Kota Padang. "Ini adalah komitmen kami untuk mewujudkan generasi penerus yang sehat dan bebas stunting," tegas Andree.

Kehadiran "Elsimil" di pernikahan Jon Pierre dan Amelia menjadi simbol harapan baru bagi pasangan muda di Kota Padang. Dengan "Elsimil", mereka dapat memulai kehidupan pernikahan dengan lebih siap dan penuh pengetahuan, sehingga mampu membangun keluarga yang sehat dan bahagia, serta berkontribusi dalam pencegahan stunting di Indonesia.(rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update