Notification

×

Iklan

Iklan

Pembukaan Kembali Jalur Lembah Anai: Masyarakat Diimbau Tetap Berhati-hati

21 Juli 2024 | 12:16 WIB Last Updated 2024-07-21T05:16:22Z


Padang Panjang, pasbana - Setelah dua bulan terputus akibat bencana banjir bandang lahar dingin pada 12 Mei lalu, jalur Lembah Anai akhirnya kembali dibuka untuk umum. Jalur strategis ini kembali dapat dilalui setelah proses perbaikan yang intensif.

Sejak pagi pukul 07:00 WIB, arus kendaraan mulai ramai melewati jalur dari arah Padang Panjang menuju Padang. Intensitas kendaraan terus meningkat hingga pukul 09:00 WIB, mengakibatkan antrian panjang di gerbang Batas Kota Padang Panjang-Padang Pariaman di KM20, tempat di mana pengerjaan perbaikan jalan masih berlangsung. Petugas menerapkan sistem buka-tutup di beberapa titik, termasuk di KM20 dan KM66.

Kapolres Padang Panjang, AKPB Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, S.I.K, M.A.P, mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat melewati jalur Lembah Anai. "Kami mengingatkan pengguna jalan, terutama pemilik kendaraan, untuk tidak berhenti di titik-titik pengerjaan jalan karena dapat menyebabkan kemacetan dan mengganggu proses perbaikan," ujar Kapolres.

Ia juga menambahkan bahwa selama seminggu ke depan, akan dilakukan evaluasi terhadap kendaraan sumbu 3 untuk menentukan apakah mereka dapat melintas di jalur tersebut. "Kita masih evaluasi seminggu ke depan untuk kendaraan sumbu 3 ke atas, apakah dapat melintas di jalur Lembah Anai, dengan mempertimbangkan arus kendaraan kecil yang melintas setiap harinya," jelasnya.

Kapolres juga menekankan pentingnya menjaga keselamatan di jalan. "Kami mengimbau agar tidak berhenti sepanjang jalan dari air terjun Lembah Anai hingga batas kota Padang Panjang karena akan menyebabkan kemacetan. Untuk kegiatan wisata, area Lembah Anai saat ini tidak ada aktivitas, sehingga lebih baik berwisata dan berbelanja di Kota Padang Panjang untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak bencana alam," tambahnya.

Dari pertigaan Simpang Padang Silaiang Atas Padang Panjang, arus kendaraan dari arah Bukittinggi menuju Padang juga semakin meningkat. Diperkirakan hingga sore hari, arus kendaraan dari arah Padang-Padang Panjang-Bukittinggi atau sebaliknya akan semakin padat, mengingat hari ini adalah akhir pekan.

Dengan pembukaan kembali jalur Lembah Anai, diharapkan aktivitas transportasi dan ekonomi di daerah ini dapat kembali pulih secara bertahap, namun dengan tetap memperhatikan keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas.(bd) 
×
Kaba Nan Baru Update