Notification

×

Iklan

Iklan

Si Jago Merah Mengamuk di Kota Padang, 4 Petak Rumah Hangus Terbakar!

23 Juli 2024 | 20:08 WIB Last Updated 2024-07-23T13:08:54Z


Padang, pasbana  - Kebakaran kembali melanda Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Kali ini, 'si jago merah' melahap empat petak rumah di kawasan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, pada Selasa (23/7/2024) pagi. 

Api melahap rumah milik Ria Susanti (32) dan Ayu Primadona, dengan cepat menjalar ke bangunan lainnya. Kejadian ini dilaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang sekitar pukul 08.00 WIB.

"Ada dua bangunan rusak berat dan dua bangunan rusak ringan dalam kejadian kebakaran tersebut," kata Kepala Bidang Operasi (Kabid Ops) dan Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Damkar Kota Padang, Rinaldi. 

Petugas Damkar yang tiba di lokasi langsung memadamkan api dengan mengerahkan tujuh armada dan 70 personel. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar. 

Hanya sehari sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Jalan Rambai, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, pada Senin (22/7/2024) pagi. Satu orang mengalami luka-luka dalam kejadian ini. 

Api menghanguskan satu kamar di rumah milik Zahirma (51). Syafril (65), salah satu penghuni rumah, mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit. 

Melihat maraknya peristiwa kebakaran di tengah cuaca panas, Dinas Damkar Kota Padang mengimbau masyarakat untuk lebih waspada. 

Kepala Dinas Damkar Kota Padang, Budi Payan, meminta masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, memastikan kompor sudah mati sebelum meninggalkan rumah, dan tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

"Masyarakat juga harus waspada terhadap bahaya kebakaran di rumah padat penduduk, karena api dapat cepat meluas, terutama dengan kondisi cuaca panas dan rumah berbahan kayu," jelas Budi Payan. 

Lebih lanjut, Budi Payan mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan kebakaran. Ia juga meminta bantuan lurah dan camat untuk membantu menyebarkan informasi tersebut.(rel/bd) 


×
Kaba Nan Baru Update