Notification

×

Iklan

Iklan

Dapat Tugas Khusus, Solikin Bertolak ke Aceh-Sumut PON XXI

31 Agustus 2024 | 09:33 WIB Last Updated 2024-08-31T02:33:18Z



Payakumbuh , pasbana- Tidak akan hilang dari ingatan orang Indonesia bagaimana Rizki Juniansyah mempersembahkan medali emas bagi Indonesia dari cabang angkat besi dalam olimpiade Paris 2024 lalu. 

Namun, jauh di tengah pulau Sumatera, di kota Payakumbuh, Sumatera Barat ada juga seorang atlet sekaligus wasit dan pelatih angkat besi yang namanya Solikin. Bagi pecinta olahraga angkat besi, sosok Solikin tidak asing lagi, dia dikenal ramah dan rendah hati. Memiliki perawakan tinggi, besar, dan tegap.

Di sela-sela kesehariannya bertugas sebagai petugas trantib di dinas koperasi dan UKM kota Payakumbuh, pria dengan badan kekar berotot dan berwajah teduh itu kini mendapat tugas khusus dari PABSI untuk menjadi wasit dalam ajang Pekan Olahraga Nasional yang diselenggarakan di Aceh-Sumut XXI hingga akhir September nanti, bagi Solikin ini adalah PON ke 7 yang diikutinya sebagai wasit.

Solikin telah mengantongi lisensi wasit internasional dan lisensi pelatih internasional, tentu saja pada PON di Papua lalu dirinya juga pernah ikut menjadi wasit. Katanya PON pertama yang dikutinya sebagai wasit adalah PON ke XV di Surabaya Jawa Timur tahun 2000 lalu. 

Di masa mudanya, Solikin memulai karir sebagai atlet angkat besi tahun 1992 dan berhasil meraih segudang prestasi bahkan tingkat nasional sampai Internasional. Saat ini dia juga terdaftar sebagai pengurus Pengprov PABSI Sumbar bidang perwasitan. Kegiatan itu diikutinya dengan penuh ketekunan dan semangat, dirinya juga sering ikut di berbagai kegiatan event kejuaraan nasional maupun international. Sebutlah Sea Games, Asean Games pun sudah dijajakinya.

"Saya punya impian suatu hari nanti bisa bertugas dalam Olimpiade, karena ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya, maupun Kota Payakumbuh ini," katanya via w.a dengan media ini, Jumat (30/8) malam.

Solikin yang juga mantan Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepala dinas koperasi dan UKM kota Payakumbuh M. Faizal, apalagi komandan Solikin yakni kabid pasar Firman Hadi dan jajarannya yang telah mensuport keberangkatannya ke PON Aceh- Sumut kali ini.

"Mohon doanya kepada seluruh masyarakat kota Payakumbuh khususnya, dan Sumbar pada umumnya, untuk kesuksesan saya dalam mengikuti PON kali ini," pungkasnya. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update