Notification

×

Iklan

Iklan

Nagari Tanjuang Baralek Gadang: Menghidupkan Tradisi dan Ekonomi Lewat "Bapulang Padi"

01 Agustus 2024 | 19:53 WIB Last Updated 2024-08-01T13:06:40Z


Tanah Datar, pasbana – Nagari Tanjuang di Kecamatan Sungayang menggelar sebuah acara meriah bertajuk "Satu Nagari, Satu Ivent" dengan tema "Bapulang Padi".

Acara yang berlangsung di Sawah Bendera Nagari setempat ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian masyarakat dan menghidupkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Nagari tersebut.

Acara ini dibuka oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra SE.MM, yang hadir didampingi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat se-Tanah Datar, Wali Nagari Tanjung Ridwan Amri, Ketua Pelaksana H. Andri, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.




Ketua Panitia, Andri, menyampaikan bahwa masih banyak tema lain yang bisa diangkat untuk acara ini, namun untuk acara perdana, mereka memilih tema "Bapulang Padi". 

“Untuk kali ini kami mengangkat tema 'Bapulang Padi', walaupun banyak tema lain yang bisa kami angkat. Tapi untuk acara perdana ini, kami memilih yang ini dulu,” ujar Andri.

Senada dengan itu, Wali Nagari Tanjung, Ridwan Amri, menambahkan bahwa pesta anak nagari ini tidak hanya menampilkan tradisi lokal, tetapi juga berpotensi mengembangkan objek wisata Nagari seperti Ngalau Soda.




“Atas nama pemerintahan Nagari, kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut menyukseskan acara 'Satu Nagari, Satu Ivent' ini dengan tema 'Bapulang Padi',” lanjut Ridwan Amri.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, mengapresiasi inisiatif ini. Menurutnya, program "Satu Nagari, Satu Ivent" ini merupakan salah satu cara efektif untuk memulihkan perekonomian masyarakat dan menghidupkan kembali UMKM di Nagari.




“Atas nama pemerintahan Kabupaten Tanah Datar, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Nagari yang telah menggelar program unggulan 'Satu Nagari, Satu Ivent' ini. Ini adalah tanda kolaborasi yang baik dengan pemerintah dalam menghidupkan kembali tradisi di Nagari serta memulihkan ekonomi masyarakat melalui UMKM,” tutup Eka Putra.

Acara ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi nagari lainnya untuk mengadakan kegiatan serupa, guna menjaga tradisi dan meningkatkan perekonomian lokal. Makin tahu Indonesia.(bd) 
×
Kaba Nan Baru Update