Notification

×

Iklan

Iklan

Deklarasi AMM Sumatera Barat: "Pilkada 2024 Merdeka dan Berkemajuan"

22 September 2024 | 19:11 WIB Last Updated 2024-09-22T12:11:13Z



Padang, pasbana  – Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Sumatera Barat menggelar deklarasi dengan tema "Pilkada 2024 Merdeka dan Berkemajuan." Deklarasi yang berlangsung di Padang ini dihadiri oleh empat organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah, yaitu Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah. 

Masing-masing ketua umum dari organisasi ini turut menandatangani deklarasi tersebut sebagai bentuk komitmen bersama dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Sumatera Barat.

Deklarasi ini memuat enam poin penting, yang mencerminkan komitmen AMM untuk mengawal Pilkada 2024 dengan semangat demokrasi yang bersih dan berkemajuan. Berikut adalah poin-poin dari deklarasi tersebut:

1. Menyukseskan dan Mengawal Pilkada 2024: AMM bertekad untuk terlibat aktif dalam menyukseskan Pilkada 2024 dengan semangat partisipasi positif demi terwujudnya demokrasi yang sehat.


2. Menolak Politik Uang dan Politik Identitas: AMM secara tegas menolak segala bentuk praktik politik uang dan politik identitas, serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi badunsanak yang sejalan dengan falsafah adat basandi syara', syara' basandi kitabullah.


3. Mendorong KPU untuk Berlaku Jujur dan Adil: AMM mengajak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat untuk menjalankan tugasnya dengan penuh integritas, kejujuran, keadilan, dan transparansi demi tercapainya Pilkada yang kredibel.


4. Mengawasi Kontestasi Pilkada: AMM menyerukan masyarakat Sumatera Barat untuk turut mengawasi jalannya Pilkada 2024, memastikan kontestasi berlangsung dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.


5. Mendorong Partisipasi Pemilih Muda: AMM menghimbau seluruh anggotanya, di semua level, untuk menggunakan hak suaranya pada 27 November 2024 mendatang. Partisipasi aktif ini dianggap sebagai bentuk ikhtiar demi kebaikan umat, bangsa, dan negara, serta dalam rangka melakukan pendidikan politik di tengah masyarakat.


6. Menjaga Kondusivitas Masyarakat: AMM berkomitmen untuk menjadi garda terdepan, bersama dengan elemen masyarakat lainnya, dalam menjaga suasana kondusif jelang, saat, dan pasca Pilkada 2024.




Deklarasi ini ditandatangani oleh ketua-ketua umum organisasi otonom Muhammadiyah, yaitu:

Ade Herdiwandyah, S.T., M.Perkim (Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat),

Ririn Fitria, S.Psi.I (Ketua Umum Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Barat),

Hamzah Jamaris, S.Psi (Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sumatera Barat), dan

Sailendra Gusnan (Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumatera Barat).


Deklarasi ini diharapkan dapat menjadi pedoman dan acuan bagi seluruh Angkatan Muda Muhammadiyah di semua level, khususnya di Sumatera Barat, dalam mewujudkan cita-cita bersama menuju tatanan masyarakat yang baldatun toyyibatun wa robbul ghofur, serta memastikan Pilkada 2024 berlangsung dengan damai, jujur, dan berkeadilan.(Tsabit) 
×
Kaba Nan Baru Update