Notification

×

Iklan

Iklan

KPU Limapuluh Kota Gelar Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPT Pemilihan Serentak Nasional 2024

20 September 2024 | 11:37 WIB Last Updated 2024-09-20T04:37:42Z



Limapuluh Kota, pasbana - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Limapuluh Kota menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) guna pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati kabupaten Limapuluh Kota dalam pemilihan serentak nasional tahun 2024, Jumat (20/9/2024) di gedung IPHI center jorong Koto Tuo nagari Koto Tuo kecamatan Harau kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua KPU, Okto Rizaldi menekankan pentingnya DPT yang akurat sebagai landasan pemilu yang jujur dan demokratis. Dalam rapat pleno ini, untuk memastikan semua hak suara terlindungi, berbagai kendala seperti perubahan data pemilih dan pemilih ganda juga dibahas. 

“Termasuk penurunan DPT di Limapuluh Kota berpotensi berjumlah DPT 290.861, kalau dari DPT pemilu ke DPT Pilkada berkurang 1.244 dari jumlah DPT Pemilu 2024 sebanyak 292.105 pemilih terdiri 143.706 laki-Laki dan 147.973 perempuan dari 637 TPS (635 TPS reguler dan 2 TPS khusus). Dan DPT ini bisa jadi bertambah atau berkurang sesuai kondisi masukan dan tanggapan peserta pleno nanti,” ujar Okto.

Proses rekapitulasi dilakukan secara cermat dan disaksikan oleh berbagai pihak terkait, guna menciptakan pemilu yang aman dan kondusif.

“Diharapkan dengan penetapan ini, proses pemilu di kabupaten Limapuluh Kota dapat berlangsung dengan lancar dan masyarakat dapat berpartisipasi secara maksimal dalam memilih pemimpin daerah,”harap ketua KPU. 

Dengan terselenggaranya rapat pleno terbuka ini, semakin dekat dalam menggelar pemilihan kepala daerah yang demokratis, adil, dan transparan, sesuai dengan harapan seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan berita acara penetapan DPT, sebagai langkah final sebelum daftar tersebut diumumkan secara resmi ke publik. 

Hadir dalam kesempatan itu, Bawaslu Limapuluh Kota, kejaksaan negeri Payakumbuh, polres Limapuluh Kota, polres Payakumbuh, dandim 0306 Limapuluh Kota, kesbangpol Limapuluh Kota, Kalapas Suliki, LO pimpinan partai politik dan tamu undangan lainnya. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update