Notification

×

Iklan

Iklan

Lanjutkan 2 Periode, Tingkat Pengangguran Masih Dibawah Propinsi dan Nasional di Limapuluh Kota

04 September 2024 | 20:26 WIB Last Updated 2024-09-04T13:26:08Z



Limapuluh Kota, pasbana - Selama H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo memimpin kabupaten Limapuluh Kota, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan sejak tahun 2020-2023. Pada tahun 2023 IPM kabupaten Limapuluh Kota mencapai 72,05%. Selain itu angka kemiskinan juga jauh menurun di Limapuluh Kota. Pada tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Limapuluh Kota tercapai 4,60%. Akan tetapi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) kabupaten Limapuluh Kota masih berada di bawah provinsi dan nasional. 

Menanggapi hal itu Damisar (65) salah seorang masyarakat di jorong Buluh Kasok kenagarian Sarilamak kecamatan Harau kabupaten Limapuluh Kota mengatakan kepada wartawan media online pasbana.com, disela-sela kopi darat di lapau (warung kopi), selama menjadi pemimpin di Limapuluh Kota, Safaruddin sudah mampu meningkatkan pembangunan di daerahnya. 

“Akan tetapi angka pengangguran masih berada di provinsi dan nasional. Untuk meningkatkan hal itu tentu Limapuluh Kota harus dilanjutkan kembali dua periode oleh Safaruddin bersama Darman Sahladi yang dinilai sudah berpengalaman membangun daerah. 

“Kita yakin pasangan calon kepala daerah ini (Safaruddin-Darman Sahladi) akan mampu meningkatkan pembangunan Limapuluh Kota di masa yang akan datang,” katanya sembari mematahkan kerupuk lento etek kadai. 

Hal senada juga dikatakan Darwis (62) warga jorong Air Putih kenagarian Sarilamak, menurutnya untuk mencapai perubahan besar di kabupaten Limapuluh Kota tidak semudah membalikan telapak tangan. Akan tetapi perlu proses yang panjang. 

Damisar salah seorang warga Jorong Buluh Kasok, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.



“Tapi kami yakin Safaruddin bakal mampu mewujudkan hal itu karena beliau akan didampingi oleh sosok tokoh Luak Limopuluah yang dinilai cerdas membangun daerah, yaitu Darman Sahladi. Kami juga kaget saat pasangan calon (Paslon) kepala daerah ini mendaftar ke KPU kemarin, Dt. Safar berpasangan dengan bapak Darman Sahladi. Wah, ini jelas kekuatan baru bagi Dt. Safar untuk memenangkan Pilkada Limapuluh Kota. Karena Darman Sahladi pernah menjadi ketua DPRD Limapuluh Kota (2009-2014) dan dua periode menjadi anggota DPRD propinsi Sumatera Barat. Selain itu Darman Sahladi saat Pilkada sebelumnya juga meraih suara terbanyak kedua setelah Dt. Safar memenangkan Pilkada 2020 lalu.

“Kini duo kekuatan besar politik itu sudah bersatu, tentu jika mereka diamanahkan memimpin daerah dan hubungan merekapun harmonis sepanjang memimpin daerah, IPM dan pembangunan Limapuluh Kota lainnya akan mencapai 99%,” simpulnya. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update