Notification

×

Iklan

Iklan

Persiapan Pacu Kuda Piala Gubernur Sumatera Barat Terus Dimatangkan

12 September 2024 | 18:12 WIB Last Updated 2024-09-12T11:12:51Z



Payakumbuh, pasbana — Kurang dari sebulan waktu berjalan, event pacu kuda piala Gubernur Sumatra Barat tahun 2024 akan dihelat pada tanggal 6 Oktober 2024 mendatang. Hal ini disampaikan pembina Pordasi Kota Payakumbuh, Dasril yang sekaligus moderator saat membuka rapat persiapan untuk mempersiapkan kelancaran dan kesuksesan iven pacu kuda yang akan digelar bulan depan.

Rapat yang dipimpin langsung Pj. Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno didampingi Sekretaris Daerah, Rida Ananda serta turut dihadiri oleh kepala Dispora Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dan seuruh stakeholder yang berlangsung di ruang pertemuan Randang lantai II kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis (12/9/2024).

Dasril sampaikan bahwa pelaksanaan iven pacu kuda yang sudah dekat, maka perlu dan harus dilaksanakannya persiapan yang matang dan cepat untuk kelancaran pelaksanaan iven pacu kuda piala Gubernur Sumatra Barat tahun 2024.

“Iven pacu kuda yang sudah berlangsung lima kali kesempatan waktu kebelakang, serta melihat atas jumlah penonton dari pengalaman yang sudah, terdapat sekitar 25 ribu orang masyarakat yang menonton, dan hal ini tentunya sangat disukai masyarakat kita dan daerah lainnya, sehingga dalam mensukseskan kegiatan ini akan membutuhkan kerjasama kita semua dengan seluruh stakeholder terkait,” harap Dasril.

Terkait iven pacu kuda piala Gubernur Sumatra Barat juga sekalian dalam rangka untuk memeriahkan pelaksanaan Pilkada serentak, Dasril katakan jika iven pacu kuda ini tidak akan mengangkat dan membesarkan salah satu paslon (pasangan calon) dan akan menjaga netralitas dan kondusifitas menjelang pilkada serentak.

Kesuksesan dan keberhasilan pelaksana iven pacu kuda di kota Payakumbuh sebelumnya, telah membuat Pj. Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno takjub dan terkejut. Mengingat saya juga baru tahu jika ternyata kota Payakumbuh merupakan kota yang menjadi sumbe dari bibit kuda pacu unggul di Sumatra,” ungkap Suprayitno sumringah.

Terkait dengan iven pacu kuda yang berlangsung untuk memeriahkan pelaksanaan pilkada serentak, Suprayitno sampaikan agar seluruh Paslon Calon Kepala Daerah (Cakada) Kota Payakumbuh diundang ikut serta memeriahkan iven pacu kuda ini, yang dalam hal ini mengundang untuk dapat menghadirkan kudanya dalam ikut serta berpacu memeriahkan pacu kuda piala Gubernur Sumatra Barat,” katanya.

Lebih lanjut, Suprayitno katakan bahwasanya ia telah menyampaikan kepada rekan-rekan di pemerintah pusat, yang diantaranya calon Presiden bapak Prabowo, dan Menparekraf Sandiaga Uno serta beberapa rekan dari jajaran menteri lainnya untuk dapat hadir dalam iven pacu kuda piala Gubernur Sumatra Barat tahun 2024.

“Serta tentunya nanti untuk tugu kuda yang sedang dibangun di depan lokasi pacuan kuda kita ini akan dapat diresmikan bapak Prabowo langsung pas waktu iven pacu kuda piala Gubernur Sumatra Barat tahun 2024 dihelat,” harapnya.

Sementara kepala Dispora Provinsi Sumbar, diwakili Kabid PPO (Peningkatan Prestasi Olahraga), Elvis Martin dalam kesempatan tersebut menyampaikan jika untuk anggaran pelaksanaan iven pacu kuda piala Gubernur Sumatra Barat tahun 2024 berada di Dispora Provinsi Sumbar yang berjumlah lebih kurang 600 kita rupiah.

“Dan untuk hadiah nantinya kita menyediakan anggaran 300 juta lebih, yang mana dari alokasi yang ada itu lebih 50 persen untuk hadiah kita anggarkan,” ungkap Elvis.

Selama pelaksanaan iven berlangsung, Elvis turut meminta agar semua yang terlibat dalam pelaksanaan yang akan menerima upah agar dapat menggunakan rekening bank nagari, mengingat aliran dana anggaran pelaksanaan akan menggunakan rekening bank nagari.

Tidak lupa, agar semua pekerjaan dapat dikelola dengan baik dan lancar, Elvis meminta kembali agar nanti dapat dibuatnya MoU antara Pemerintah Kota Payakumbuh dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat untuk menentukan masing-masing atas tugas pokok yang akan dikerjakan dari kedua belah pihak.

Dan setelah penyampaian dari Dispora Provinsi Sumbar tersebut, rapat berlanjut dengan pembahasan dan penyampaian saran serta pendapat dari seluruh peserta rapat untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan iven pacu kuda piala Gubernur Sumatra Barat tahun 2024. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update