Notification

×

Iklan

Iklan

Banyak Diminati Kalangan Mahasiswa, Berikut Manajemen Pemasaran Milk Square Pasar Baru Unand

10 Oktober 2024 | 22:16 WIB Last Updated 2024-10-10T18:20:55Z
Milk Square Pasar Baru Unand, Kota Padang, Sumatera Barat, Foto: Sabrina Fita Nurlaila  



Oleh: Sabrina Fita Nurlaila 
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas)



Pasbana - Pasar makanan dan minuman di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat, menciptakan persaingan yang ketat di antara para pelaku industri. Salah satu usaha yang menarik perhatian adalah Milk Square, yang beroperasi di Pasar Baru Unand. 

Usaha ini berfokus pada pemanfaatan peluang yang ada  dengan  menawarkan  berbagai  produk susu murni yang inovatif, terus mengembangkan tawarannya dari tahun ke tahun.

Milk Square merupakan merek susu yang mengedepankan  kualitas  dan  inovasi. Berlokasi di Jalan M. Hatta Nomor 27, Pauh, Limau Manis, Padang, Sumatera Barat, usaha ini telah berdiri sejak tahun 2022 dan terus beroperasi hingga saat ini. 

Nathaniadwiii, barista di Milk Square Pasar Baru Unand, menjelaskan bahwa "strategi pemasaran Milk Square mencakup promosi melalui komunikasi dari  mulut  ke  mulut serta pemanfaatan media sosial seperti Instagram."

Nathaniadwiii menyatakan bahwa target pasar dari usaha ini mencakup mahasiswa, remaja, serta masyarakat sekitar. Secara geografis, lokasi Milk Square di Pasar Baru Unand cukup strategis, dengan sedikit pesaing di sekitarnya.

Nathaniadwiii juga menjelaskan alasan pemilihan produk ini, yaitu  karena  banyak pelaku industri lain yang telah menawarkan kopi, yang mungkin membuat konsumen merasa jenuh. 

Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menawarkan produk yang berbeda, yaitu susu murni, dengan tujuan menarik perhatian pelanggan.

Produk yang ditawarkan terdiri dari olahan susu murni dengan berbagai varian rasa, serta minuman lainnya, dengan produk unggulan berupa olahan susu murni. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, sebagaimana diungkapkan oleh beberapa pelanggan: 

"Harganya terjangkau dan ramah di kantong." "Harganya murah dan kualitasnya sangat baik," dengan kisaran harga mulai dari Rp 10.000 hingga yang paling mahal Rp 20.000.


Milk Square Pasar Baru Unand, Kota Padang, Sumatera Barat, foto: Sabrina Fita Nurlaila (Fakultas Ekonomi dan bisnis universitas Andalas)


Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa inovasi produk sangat penting untuk mempertahankan minat pelanggan. Milk Square di Pasar Baru Unand juga berencana untuk memperkenalkan varian baru secara berkala setiap tahun sebagai respons terhadap umpan balik pelanggan.

Dengan harga yang terjangkau, Milk Square tetap menggunakan bahan baku berkualitas tinggi, seperti susu murni yang segar.Dapat disimpulkan bahwa Milk Square di Pasar Baru Unand berhasil menarik dan mempertahankan pelanggan melalui kualitas produk dan harga yang kompetitif. 

Persepsi positif dari pelanggan menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan cukup efektif.(*) 
×
Kaba Nan Baru Update