Notification

×

Iklan

Iklan

Di Balik Sukses Northeast Coffeeshop; Ada Peran Manajer Keuangan Dan Lokasi Strategis

10 Oktober 2024 | 12:48 WIB Last Updated 2024-10-10T18:08:33Z
Northeast Coffeeshop di Pasar Baru, Cupak Tangah, Kec. Pauh Kota Padang [Foto: Instagram Northeast Coffeeshop]





Oleh: M. Nabil Irsyandika
(Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Andalas)

Padang, pasbana - Seiring dengan perkembangan dunia bisnis, industri kuliner, terutama coffeeshop mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kafe dan coffeeshop telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern, terutama di Kota Padang. 

Stevan Lie, Sekretaris Jendral Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) menyebut “jika bisnis di bidang ini menjadi sesuatu yang masih menarik bagi banyak orang karena ketahanannya dari krisis dan menjadi kebutuhan primer masyarakat. 

Tidak hanya sebagai tempat untuk menikmati makanan dan minuman, kafe dan coffeshop kini berfungsi sebagai ruang sosial, tempat berkumpul, belajar, dan bekerja sehingga hal ini menciptakan persaingan ketat antar pelaku usaha coffeeshop, yang mana kualitas pelayanan, lokasi strategis, dan pengelolaan sumber daya menjadi penentu utama keberhasilan bisnis.

Salah satu faktor penting yang sering kali menjadi penentu keberhasilan sebuah coffeeshop adalah kemampuan peranan penting dalam menjaga stabilitas keuangan, membuat keputusan strategis, dan memastikan kelangsungan operasional usaha. 

Northeast Coffeshop yang dikenal dengan konsepnya yang menarik dan lokasi yang strategis juga menghadapi tantangan serupa. Pertanyaan yang timbul adalah seberapa berpengalaman dan terlatihnya manajer keuangan Northeast Coffeeshop dalam menjalankan tugas-tugas tersebut.

Sosok Manajer Keuangan Northeast Coffeeshop [Foto: Media Northeast]



Peran manajer keuangan dan lokasi strategis merupakan dua faktor kunci yang berkontribusi signifikan terhadap kesuksesan oprasioanal Northeast Coffeeshop selama periode 2020 hingga saat ini. 

Manajer keuangan northeast mengatakan “Manajer keuangan memiliki peranan penting dalam memastikan stabilitas keuangan usaha, mengelola arus kas dengan efektif dan membuat keputusan strategis yang berkaitan dengan alokasi sumber daya”. 

Selanjutnya, pengelolaan yang baik dalam aspek keuangan membantu northeast dalam menjaga keberlanjutan operasional khususnya di tengah tantangan ekonomi dan persaingan bisnis yang semakin ketat.

Bima Restu merupakan manajer keuangan Northeast Coffeeshop, yang memiliki pengalaman luas dalam industri makanan dan minuman (fnb) khususnya dalam dunia perkopian. Tidak hanya sebatas pada sektor kopi, Bima juga memiliki keahlian di bidang tekstil yang memperkaya wawasannya dalam mengelola rantai pasok dan operasi bisnis.

Sebagai seorang professional yang berpengalaman, Bima telah berhasil mengelola berbagai bisnis berbasis coffeeshop di Kota Padang. Selain itu, ia juga berkolaborasi dengan perhotelan untuk memasok kopi, menunjukkan pengaruhnya dalam menghubungkan bisnis coffeeshop dengan industri perhotelan yang lebih besar.

Bima restu adalah lulusan manajemen perhotelan dari Universtas Negeri Padang, yang memberikan dasar akademisi yang kuat dalam manajemen operasional dan keuangan. Dengan latar belakang Pendidikan yang relavan dan pengalaman yang luas, Bima mampu memahami aspek keuangan dan operasional northeast coffeeshop secara komprehensif yang menjadikannya tokoh kunci dalam pengembangan bisnis ini.

Dalam perannya sebagai manajer keuangan, Bima mengatakan “Manajer keuangan tidak hanya fokus pada pengelolaan keuangan sehari-hari tetapi juga memiliki kemampuan dalam perencanaan keuangan strategis yang mendalam”. Ia mampu menganalisis laporan keuangan dengan cermat yang memungkinkannya untuk merumuskan strategi yang mendukung stabilitas dan pertumbuhan bisnis. 

Keahlian ini tidak hanya membantu coffeeshop dalam menjaga kelancaran operasional, tetapi juga dalam merespon perubahan pasar dan meningkatkan efisensi.

Suasana yang tampak di Northeast Coffeeshop [Foto oleh Media Northeast]


Selain manajemen keuangan, faktor lokasi juga sangat menentukan keberhasilan bisnis coffeeshop, lokasi strategis tidak hanya memudahkan akses konsumen, tetapi juga mempengaruhi daya tarik bisnis terhadap target pasar yang di inginkan. Northeast Coffeeshop berupaya memanfaatkan lokasi yang strategis serta sumber daya yang tersedia secara optimal untuk meningkatkan daya saingnya di pasar yang kompetitif.

Lokasi yang berada di Pasar Baru, Cupak Tangah, Kec.Pauh Kota Padang ini menjadikannya coffeeshop yang memiliki lokasi strategis dengan pasar mahasiswa Universitas Andalas, Politeknik Negeri Padang, serta Masyarakat yang gemar memulai aktivitas pekerjaannya dengan secangkir kopi yang membuat Northeast Coffeeshop memiliki keunggulan kompetitif di pasar yang padat persaingan ini.

“Menurut saya lokasi northeast ini sangat strategis di Pasar Baru. Tentunya pasti terjadi peningkatan jumlah pelanggan yang datang dengan lokasi di Pasar Baru ini dan juga dapat mendorong loyalitas konsumen karena disini juga dekat dengan kampus dan di Northeast ini nyaman untuk membuat tugas”. Ujar salah satu konsumen loyal yang merupakan mahasiswa Universitas Andalas.

Konsumen loyal Northeast Coffeeshop, yang juga merupakan mahasiswa Universitas Andalas, menyatakan bahwa lokasi coffeeshop ini sangat strategis karena terletak di kawasan kampus. lokasi  yang menguntungkan ini diyakini mampu meningkatkan jumlah pelanggan yang datang, karena Pasar Baru merupakan pusat aktivitas yang ramai dan mudah dijangkau oleh banyak orang. 

Lebih lanjut mahasiswa tersebut menyebutkan bahwa suasana di Northeast sangat nyaman, khususnya untuk kegiatan belajar atau mengerjakan tugas. Kombinasi antara lokasi yang strategis dan suasana yang mendukung produktivitas di coffeeshop ini turut mendorong loyalitas konsumen. Mahasiswa merasa betah dan menjadikan Northeast Coffeeshop sebagai tempat favorit untuk melakukan kegiatan akademisnya, sehingga cenderung kembali berkunjung.(*)

×
Kaba Nan Baru Update