Notification

×

Iklan

Iklan

Kecelakaan Truk di Jalan Lintas Sumatera, Sopir Selamat Meski Truk Masuk Danau Singkarak

03 Oktober 2024 | 22:53 WIB Last Updated 2024-10-04T09:56:57Z



Solok, pasbana – Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Lintas Sumatera pada Kamis (3/10) siang, tepatnya di Jorong Biteh, Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. 

Kecelakaan ini melibatkan truk box Hino dengan nomor polisi BA 8052 NU, yang meluncur ke Danau Singkarak setelah mengalami hilang kendali.

Kasat Lantas Polres Solok Kota, AKP Riwal Maulidinata, mengonfirmasi kejadian tersebut. "Benar, tadi siang telah terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil barang truk box Hino di Danau Singkarak," ungkapnya.

Menurut keterangan yang diperoleh, kecelakaan bermula ketika truk yang dikemudikan AFS (44) sedang melaju dari arah Kabupaten Solok menuju Padang Panjang. Sesampainya di lokasi kejadian, yang merupakan tikungan tajam, truk tersebut tiba-tiba hilang kendali.

“Truk melaju di tikungan, dan tiba-tiba terjatuh sendiri atau mengalami Out of Control (OC). Diduga penyebabnya adalah selang klakson yang pecah sehingga sopir tidak bisa lagi mengendalikan kendaraan,” jelas AKP Riwal.

Akibat kehilangan kendali, truk langsung meluncur dan masuk ke Danau Singkarak dengan kedalaman mencapai sekitar 20 meter.

Meski truk terperosok ke dalam danau, sopir AFS berhasil selamat meski mengalami luka ringan. 

"Sopir mengalami luka lecet di kaki dan saat ini sedang mendapatkan perawatan di RSU M Natsir Solok," tambah AKP Riwal.

Kecelakaan ini juga menyebabkan kerugian materil yang diperkirakan mencapai Rp 20 juta.

"Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerugian diperkirakan cukup besar," lanjut AKP Riwal.

Hingga kini, aparat kepolisian masih melakukan investigasi lebih lanjut terkait insiden ini. 

Kasat Lantas mengimbau kepada para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati, terutama ketika melintasi tikungan tajam di sepanjang jalan lintas Sumatera, guna menghindari kecelakaan serupa.

Jalan Lintas Sumatera yang kerap padat dengan arus lalu lintas, terutama kendaraan berat, memang dikenal rawan kecelakaan, khususnya di titik-titik tikungan tajam.

Diharapkan kejadian ini dapat menjadi pelajaran bagi pengendara lain untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan, guna memastikan keamanan dan keselamatan di jalan raya.(bf) 
×
Kaba Nan Baru Update