Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Fashion Show dan Fotografi Festival Ekraf Angkat Minangkabau Tempo Doeloe

07 Oktober 2024 | 08:00 WIB Last Updated 2024-10-07T01:00:00Z



Padang Panjang, pasbana  – Lomba Fashion Show dan Fotografi yang mengangkat tema Minangkabau Tempo Doeloe, menjadi salah satu acara pada Festival Ekraf, Ahad (6/10/2024). 

Menyajikan sederet hasil karya fashion desainer lokal diikuti dengan fotografi on the spot karya anak nagari, kegiatan ini berlangsung meriah di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

Sebanyak 30 model tampil menawan mengenakan pakaian Minangkabau khas zaman dahulu. Mulai dari baju Basiba, Tingkuluak, Deta, dan masih banyak lagi. Lomba fashion show diikuti desainer-desainer muda dari Kota Padang Panjang, Bukittinggi, Padang, Payakumbuh. 

Tampil sebagai juri, Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumbar, Yul Nursuud, Anggota Pakar Model, Habil Fajrian dan Model Senior, Fani Sarah. Penilaian mulai dari konsep desain, kerapian jahitan, padu padan bahan, keserasian dan total look. 




Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Wahendra.W, ST, MM menyampaikan, kegiatan ini diadakan untuk memulihkan kembali seluruh sektor daerah terkhusus ekonomi dan pariwisata Sumbar terkhusus Padang Panjang.

“Target kami melibatkan pelaku ekonomi kreatif, desainer, dan fotografer lokal melalui kegiatan di objek wisata Padang Panjang, seperti PDIKM ini untuk memulihkan perekonomian dan pariwisata daerah yang terdampak bencana,” ujarnya.

Wahendra menambahkan, tema yang diangkat juga tidak lepas dari nilai-nilai di Minangkabau. Diangkat kembali pakaian Minangkabau tempo dulu melalui tangan-tangan terampil desainer muda menjadikan Sumbar bisa membangun potensi untuk daerah.

Seiring dengan Lomba Fashion show, Lomba Fotografi juga diadakan dengan tema yang sama. Para fotografer merupakan bagian dari komunitas Minang Photo Raun. Para fotografer dipersilakan menjadikan para model sebagai objek foto dan memanfaatkan lokasi PDIKM sebagai latar tempat foto. 

Perlombaan ini juga ditujukan untuk peluang publikasi melalui fotografer sehingga PDIKM dan objek wisata lainnya dapat menjadi daya tarik wisatawan dari luar. 

Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba fashion show dengan kategori harapan dan juara dari 15 model perempuan dan 15 model laki laki. (rel/asy)
×
Kaba Nan Baru Update