Notification

×

Iklan

Iklan

Penggunaan e-commerce Sebagai Pasar Usaha oleh Shamocha.id

17 Oktober 2024 | 07:34 WIB Last Updated 2024-10-17T00:40:36Z

(Sumber: Shopee Shamocha.id)


Oleh : Rahmadeni Husna (Mahasiswali Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Andalas) 
 

Pasbana - Shamocha.id adalah bisnis di bidang fashion wanita yang dipasarkan di platform e-commerce yang sedang marak maraknya digunakan oleh banyak pebisnis muda. 

Usaha ini berlokasi di Asrama Brimob Batalyon B Pelopor, Jl. Sultan Syahrir, no. 15, Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Usaha ini dipelopori oleh Annisa Ulkhairat yang berasal dari Kota Solok, Sumatera Barat. 

Annisa mendirikan usaha ini sejak tahun 2021,setelah ia lulus S1 Jurusan Manajemen, Universitas Dharma Andalas. Annisa memilih bisnis ini karna passion dan ketertarikannya di bidang fashion , juga kemampuannya mendesain baju. 

Selain itu, ia juga melihat besarnya peluang pasar fashion wanita dikalangan anak muda. 
Shamocha.id menjual blouse wanita dengan berbagai gaya dan motif yang simple dan elegan, khas anak muda. Dengan ukuran pakaian allsize yang menyesuaikan bentuk badan. 

Target pasarnya adalah wanita direntang usia 15-35 tahun. 
Annisa memasarkan  produknya melalui berbagai media online seperti Shopee, Tiktok, Instagram, dan juga Whatsapp dengan nama Shamocha.id. Annisa juga memanfaatkan relasi untuk memasarkan produknya, seperti mengendors selebgram dan tiktokers. 

Produk-produk yang dikeluarkan Samocha.id berada di kisaran harga 100-150k dan  telah terjual ribuan pcs. Berbagai respon positif diberikan para pelanggannya yang tersebar di penjuru Indonesia. Baik karna kualitas, pelayanan yang ramah, hingga pengiriman yang cepat. 

Seperti Dinda, salah satu customer Shamocha.id dari Kota Padang Panjang yang mengatakan bahwa “Blouse Shamocha.id ini nyaman dipakai dan  worth it dengan harga segitu.”

“Baguss banget warnanya, suka sama barangnya sesuai malah melebihi ekspetasi, respon penjualnya juga baik banget, ramah, udah abis stok pas aku chat langsung restock lagi huuu” ujar Yulianti, salah satu pelanggan Shamocha.id

Selain itu juga terdapat berbagai review positif di salah satu media online seperti berikut


 (Sumber : Shopee Shamocha.id) 



Shamocha menjual berbagai model blouse dan kemeja seperti Reya Ruffle, Zeya Ruffle, Mocha Polka Shirt, Mezza Oversize dan model lainnya. “Zeya Ruffle adalah blouse yang paling diminati, terlihat dari angka penjualan yang paling tinggi dari blouse lain” ujar Annisa mengenai produknya. 

Annisa sendiri berkomitmen bahwa kualitas barang dan kepuasan konsumen adalah hal yang utama dalam menjalankan bisnis ini. Menurutnya, harga yang telah dibayar konsumen harus sebanding dengan barang yang didapatkannya. 

Hal itulah yang mendorong Annisa untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggannya. Annisa selalu menggunakan bahan baku yang premium dan menggunakan konveksi yang terpercaya untuk produknya. (*) 
×
Kaba Nan Baru Update