Notification

×

Iklan

Iklan

Usaha “ADEK CELL AND NET” Dengan Manajemen Pemasaran Terbaik

10 Oktober 2024 | 22:22 WIB Last Updated 2024-10-10T18:23:23Z


Tempat usaha Pak Adek saat malam hari dan mau tutup.  (foto: Khairul Mustafa) 


                           
Oleh: Khairul Mustafa 
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas)


Pasbana - Usaha  Adek cell and net yang terletak di kawasan kantin asrama unand gedung  Business Center  Universitas Andalas (Unand) Kampus Limau Manis, Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, 25163. Usaha fotokopi ini berdiri pada tahun 2008 dengan pemiliknya Adek.

Berdasarkan hasil dari wawancara dengan  Pak Adek, awalnya hanya usaha konter hp yang hanya menjual pulsa, kartu hp, paket voucher, dan token listrik.Seiring berjalannya waktu usaha pak adek berjalan dengan lancar banyak peminat nya dan mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan serta pelayanan yang baik. 

Pak adek memiliki manajemen pemasaran yang baik dengan menganalisis target pasar, penetapan harga yang terjangkau tidak mengambil untung yang tinggi, dan  selalu bisa memenuhi permintaan pelanggan. Hal itu yang dapat mengantarkan usaha pak adek dapat berkembang dengan baik hingga saat sekarang ini.

Sehingga pada tahun 2014 pak adek dapat menambah usaha dengan fotokopi, print, scan dan cetak photo pada saat itu usaha pak adek berjalan dengan baik namun  tetap harus bersaing dengan kompetitor lain, pak adek selalu dengan prinsipnya yaitu memberikan kepuasan dan pelayanan yang baik. Pada awalnya pak adek hanya memiliki 2 komputer dan mesin printer yang disediakan untuk pelanggannya. 

Dalam menggunakan mesin printer dan komputer pak adek juga mengajarkan pada pelanggannya cara pengunannya, Bertujuan agar ketika pelanggan datang untuk memprint lagi tidak kebingunan dan dapat menggunakannya sendiri itu juga dapat memudahkan pak adek dalam bekerja, pak adek bisa melayani pelanggan yang lain. Setelah kurang lebih dua tahun pak adek dapat menambah tiga komputer/pc lagi serta printer. 

Ruang kerja Pak Adek.(foto: Khairul Mustafa)


Usaha pak adek dapat berkembang dengan baik lebih banyak pelanggan serta tidak perlu lagi antri untuk memprint, Pak adek juga menjual alat tulis dan accesories untuk keperluan mahasiswa unand khususnya bagi asrama. 

Pak Adek sendiri selaku owner dan karyawan, tetapi saat sekarang ini pak adek mempunyai satu karyawan yang kerja part time dan masih mahasiswa aktif, dia membantu pak adek dalam usahanya.

Pada saat pandemi covid-19 pak adek mengalami pemerosotan ekonomi sangat menurun dan itu tidak hanya dirasakan oleh pak adek saja tetapi diseluruh berbagai belahan dunia, pak adek harus tutup total dan tidak dapat menjalankan usahanya lagi kampus ditutup, pak adek alihkan dengan bekerja sebagi ojol, kuli bangunan, dan lain sebaginya yang halal dan dapat mengahsilkan uang. 

Pada masa social distancing yaitu jaga jarak satu meter protokol kesehatan memakai masker, kegitan diluar rumah sudah bisa dilakukan tetapi tidak acara keramaian, pada tahun itu 2022 pak adek mulai kembali bukak tokonya lagi, membersihkannya lagi menata kembali ruangnya. Pak adek waktu itu tidak terlalu banyak jual beli karena kondisi baru peralihan dan juga mahasiswa banyak yang baru, pelanggan baru lagi.
  
Pak Adek pada saat merekap keuangan saat malam hari sebelum pulang (foto: Khairul) 



Pada tahun 2023 usaha pak adek kembali mulai berjalan lancar tetap memberikan yang terbaik pada pelanggannya dan mengetahui apa yang sangat dibutukan oleh mahasisnya, pak adek telah siap menyiapkannya sampai modul pembelajarannya, laporan kehadiran, dan laporan praktek masuk labor sudah disiap kan, yang mana itu sangat membantu bagi mahasiswa untuk menjalani perkuliahannya. Para mahasiswa hanya tinggal membeli dan tidak perlu membuat format untuk memprintkannya lagi.

Menurut dari berbagai tanggapan pelanggan / konsumen terhadap toko Pak Adek, lumayan baik diantaranya ada yang mengatakan “ kalau belanja di toko pak adek itu nyaman” sinta, ada lagi yang mengatakan  “ditoko pak adek itu pelayanannya sangat ramah” katon, bahkan ada yang bilang “belanja di toko pak adek itu sangat terjangkau dan murah dari toko yang lain” wahyu.

Hingga saat sekarang ini pak adek telah bisa dikatakan memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa unand terkhususnya mahasiswa asrama, pada saat pengenalan kampus mahasiswa sangat membutuhkan alat dan bahan seperti kokarde, tali, pita, kertas karton, karton manila, dan lain sebagainya. 

Pak Adek juga menyediakannya, serta pada pembuatan papermob semua mahasiswa baru harus membuatnya untuk kegiatan pembuatan mozaik kampus, pak adek juga telah menyediakan alat dan bahan serta ada juga yang telah seslesai papermobnya  langsung dapat digunakan. Yang mana sekarang ini pak adek usahanya sangat bagus dan itu tidak terlepas dari pemasaran yang baik digunakan oleh pak adek.(*)

×
Kaba Nan Baru Update